Sabtu, 11 April 2009

jalan salib

ini bukan kumpulan orang2 layat. oke bisa dikatakan layat sih. jadi, foto sebelah ini adalah kumpulan orang2 yang sedang melakukan ibadat. namanya jaln salib. bukan orang jalan karena pelan trus disalib. bukan.








namanya jalan salib karena mengenang perjalanan yesus dari dijatuhi hukuman mati sampai disalib dan meninggal serta sampai dimakamkan. yang mana orang kristiani percaya kalau pada har ke 3 DIA bangkit lagi. DIA mengalahkan kematian.

aku sebagai mudika paroki, ditugaskan jaga pos. dan mendapat giliran jaga pos ke 6. bersama gitong, laki2 bertetek besar. eh, maap tong, kamu cewek og ya. lupa aku. ini dia poto gitong alias gita ketawa. jangan muntah ya, waktu aku mau majang poto ini sempet berpikir keras. enaknya dipasang ga ya, ntar orang2 yang baca bakal proses. tapi setelah dipikir lagi, sapa juga yang baca? akhirnya aku pajang juga.








ini contoh yang manggul lagi salib. jadi di parokiku dibagi menjadi 14 wilayah. 14 wilayah itu macam RW ato lebih gampangnya nama jalan. merbau itu untuk wilayah ST. Dominikus, itu misalnya. dan tiap wilayah itu selalu ada yang memanggul salib, biasanya 2 atao 4 orang. yang lain ikut jalan.

berbeda dengan taun sebelumnya . jalan salib ini pake jalan yang lumayan panjang. biasanya cuma sebentar, sekarang harus jalan jauh, diikuti dari anak2 sampe orang tua. gereja juga udah nyiapin mobil ambulan buat mereka yang ga kuat jalan. disebelah ini contoh jalan sambil bawa salib. gantian2 gitu. tanpa harus meminta gantian, jadi orang yang mau langsung memanggul salib trus ga boleh bilang capek ke orang lain, kalo orang lain pengen, langsung aja minta ganti, tapi yang manggul ga boleh minta di gantiin. lumayan rumit bilangnya, tapi kalo dilakuin gampang kok.


dari acara ini bisa dilihat, wilayah mana yang emang eksis untuk ikut kegiatan gereja. 1 wilayah ada yang dikit banget, ada yang terlambat, ada yang banyak. pokoknya macem, salut buat gereja karena menghadirkan acara yang tidak biasa.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

jadi inget film passion of the christ (bener ga ya ejaannya) nah itu contoh langsung jalan salib. namanya jalur delerosa(bener ga ya?? kok jadi ga yakin gini). sekarang adalah paskah. selamat paskah buat yang ngerayain.

Tidak ada komentar: